Penulis / NIM
RIYANTI BUMULO / 151411145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Riyanti Bumulo 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 1 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi 2015. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs Djotin Mokoginta M.Pd,dan pembimbing II Gamar Abdullah S.Si, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini meliputi (1) bagaimanakah minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 1 Tapa dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kuantitatif. Penelitian deskriptif dilakukan melalui wawancara dengan guru wali kelas V dan membagikan angket untuk siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tujuannya adalah untuk menggambarkan kondisi yang ada sesuai masalah yang diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 1 Tapa diantaranya faktor internal (faktor dari dalam diri siswa) yang meliputi kematangan, latihan, motivasi, kecerdasan atau intelegensy, dan fakto eksternal (dari luar diri siswa) yang meliputi keluarga, guru, dan penggunaan alat-alat belajar mengajar
Kata kunci : Faktor-faktor, Minat belajar
Download berkas