Penulis / NIM
NORMIN B. HASAN / 151411151
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Normin B. Hasan. 151 411 151 " Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas II SDN 49 Hulontalangi Kecamatan Hulontalangi Kelurahan Tanjung Kramat". Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Permasalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan saintifik dapat meningkatkan motivasi belajar membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar membaca permulaan melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas II SDN 49 Hulontalangi Kecamatan Hulontalangi Kelurahan Tanjung Kramat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Tindakan kelas ini dilaksanakan II siklus.
Hasil observasi awal dari jumlah 30 siswa terdapat 16 siswa atau 53,33% belum mampu membaca lancar. Setelah diadakan pada siklus I 15 orang atau 50% siswa yang belum lancar membaca, 14 orang atau 46,66% siswa cukup lancar membaca dan 1 atau 3,33% siswa sudah lancar membaca atau rata-rata perolehan pada siklus I adalah 59,99 % selanjutnya pada siklus II 4 orang atau 13,33% siswa yang belum lancar membaca, 6 orang atau 20% siswa cukup lancar membaca dan 20 orang atau 66,66 % siswa sudah lancar membaca atau rata-rata perolehan pada siklus II adalah 86,29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar membaca permulaan dapat meningkat melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas II SDN 49 Hulontalangi Kecamatan Hulontalangi Kelurahan Tanjung Kramat.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Membaca Permulaan dan Pendekatan saintifik.
Download berkas