Penulis / NIM
NUR' AIN DJ. ACHMAD / 151411155
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Nur'ain Dj Achmad. 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA di SDN 01 Bulalo Kabupaten Gorontalo Utara. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan bagaimana penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA di SDN 01 Bulalo Kabupaten Gorontalo Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA di SDN 01 Bulalo Kabupaten Gorontalo Utara
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala atau keadaan. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V dan VI. Sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru kelas IV, V dan VI.
Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan guru di dalam kelas, khususnya dalam pembelajaran IPA. Pembelajaran ini dapat memunculkan efek positif, pada siswa sehingga siswa semakin antusias untuk mengikuti pelajaran khususnya pelajaran IPA. Adapun kegiatan guru dalam menerapkan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA yaitu menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan, menyiapkan bahan atau alat-alat yang diperlukan, menunjuk sisiwa untuk mendemonstrasikan kemudian guru membimbing, kemudian seluruh siswa yang lain memperhatikan demonstrasi dan menganalisanya, tiap siswa mengemukakan hasil analisanya dan memberikan kesimpulan.
Kata kunci : Pembelajaran IPA dan Metode Demonstrasi.
ABSTRACT
Nur'ain Dj. Achmad. 2015. Application Method Demonstrations At Learning science in SDN 01 Bulalo North Gorontalo District. Supervisor I Drs. Djotin Mokoginta, Pd and Supervisor II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
This research was conducted by asking how the application of the method demonstration on learning science at SDN 01 Bulalo North Gorontalo District. The purpose of this study was to describe the application of the method demonstration on learning science at SDN 01 Bulalo North Gorontalo District.
Analysis of the data in this study using qualitative descriptive analysis is not intended to test a specific hypothesis, but just describe what it is about a variable, symptoms or circumstances. The procedure of collecting data in this research is observation, interview and documentation, which is the object of this research is all of students in grade IV, V and VI. While the informants in this study is the teacher of grade IV, V and VI.
Based on the results of research and interviews can be concluded that the application of the method of demonstration is one of the methods that can be applied to the teacher in the classroom, especially in science learning. This learning can bring positive effects, the students will increasingly keen to follow the lessons in particular science lessons. The activities of teachers in applying methods on learning science demonstration that convey competence to be achieved, presenting a glimpse of material that will be presented, prepare materials or tools are required, pointing sisiwa guiding teachers to demonstrate later, then the whole other students pay attention to the demonstration and analyze it, each student suggested the analysis results and provide conclusions.
Keywords: Learning Science and Methods Demonstration.
Download berkas