Penulis / NIM
NOVITA HASAN / 151411156
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Novita Hasan, 2015. Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Kelas IV SDN 02 Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan pembimbing II Nurhayati Tine S,PdI M,Hi
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan kreativitas belajr siswa, kendala apa yang guru hadapi dalam menumbuhkan kreativitas siswa, apakah solusi yang guru lakukan dalam menumbuhkan kreativitas siswa ?" Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa, untuk mengetahui kendala apa yang guru hadapi dalam menumbuhkan kreativitas siswa, untuk mengetahui solusi yang guru lakukan dalam menumbuhkan kreativitas siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan bersifat induktif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa peran guru dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran PKn yang dilakukan guru kelas IV SDN 02 Paguyaman Pantai yaitu penggunaan metode yang bervariasi dalam pembelajaran, penggunaan media yang menarik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran PKn kelas IV SDN 02 Paguyaman Pantai yang dilakukan guru dengan media dan metode yang bervariasi dalam proses belajar mengajar. Adapun kendala/penghambat dan solusi yang yang dihadapi guru dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran PKn.
Kata kunci: Peran guru, Kreativitas Siswa, Pembelajaran PKn.
Download berkas