Penulis / NIM
DETI LAILU / 151411158
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Deti Lailu. 2015. Cara Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA di kelas V SDN I Motandoi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2015. Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui cara berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN I Motandoi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "bagaimanakah cara berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN I Motandoi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA terdapat 14 siswa atau 82.35% mendapat nilai cukup sedangakan untuk 3 siswa atau 17.64% yang mendapat nilai baik. Dan untuk hasil capaian indikator cara berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA yaitu siswa cukup kreatif dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.
Adapun simpulan dari penelitian ini yaitu cara berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN I Motandoi cukup baik. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan
.
Kata kunci: Cara Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Inkuiri
Download berkas