Penulis / NIM
ENDANG TUNI SURONOTO / 151411159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Endang Tuni Suronoto. 2015 Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Menggunakan Model Tugas Proyek Pada Siswa Kelas IV SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skirpsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Dra. Hj. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Hj. Sumarni Mohamad S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah apakah keterampilan menulis karangan narasi dapat ditingkatkan menggunakan model tugas proyek di SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penggunaan dilakukan dengan dua siklus. Dengan tehnik pengumpulan data yaitu test, observasi dan dokumentasi.
Pada observasi awal dari 20 siswa hanya 3 orang siswa yang memiliki kemampuan menulis karangan narasi. Pada siklus 1 meningkat menjadi 11 orang siswa atau 64,7%. Siklus II meningkat menjadi 17 siswa atau 80,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak dalam menulis karangan dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran tugas proyek.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Tugas Proyek
Download berkas