Penulis / NIM
MUJAHIDA HALAA / 151411160
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Mujahida Halaa, 2015. Kemampuan Siswa Menulis Karangan Menggunakan pendekatan Kontekstual Di Kelas V SDN 3 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Unversitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj Evi Hasim, M.Pd dan pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan menulis karangan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas V SDN 3 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow ? Tujuan penelitian ini adalah "Mendeskripsikan kemampuan siswa menulis karangan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas V SDN 3 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 3 Lolak. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa observasi, test kemampuan, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan siswa menulis karangan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas V SDN 3 Lolak berlangsung dengan baik. hasil keseluruhan dari 14 orang siswa terdapat 9 orang siswa atau 64,3% yang memiliki kriteria mampu, 5 orang siswa atau 35,7% yang memiliki kriteria kurang mampu. Kesimpulannya bahwa menulis karangan menggunakan pendekatan kontekstual dapat mengembangkan ide-ide dan pengetahuan dari diri siswa sehingga siswa dapat berkreasi, berekspresi dari hasil karangan yang baik.
Kata Kunci : Menulis Karangan, Pendekatan Kontekstual
Download berkas