Penulis / NIM
MENTARI MONGILONG / 151411165
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Mentari Mongilong, 2018. Peran Guru Dalam Memotivasi Siswa Membaca Cepat Di Kelas V SDN O4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah"bagaimana peran guru dalam memotivasi siswa membaca cepat di Kelas V SDN O4 telaga kecamatan telaga kabupaten gorontalo ?". Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam memotivasi siswa membaca cepat di kelas V SDN 04 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatuf. Artinya penulis mendeskripsikan data yang ada dalam memotivasu siswa membaca cepat di SDN 04 telaga kecamatan telaga kabupaten gorontalo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam memotivasi siswa nembaca cepat sudah berhasil,walaupun masih ada sebagian siswa yang belum bisa membaca cepat. Kategori siswa dalam membaca cepat berbeda-beda, siswa yang dalam membaca cepatnya memperoleh kategori baik sekali berjumlah tiga siswa (3 siswa), selanjutnya siswa yang dalam membaca cepatnya memperoleh kategori baik berjumlah dua puluh empat siswa (24 siswa), kemudian siswa yang dalam membaca cepatnya memperoleh kategori cukup berjumlah tujuh siswa (7 siswa) dan siswa yang dalam membaca cepatnya memperoleh kategori kurang berjumlah 2 siswa (2 siswa). Dengan demikian disimpulkan bahwa peran guru dalam memotivasi siswa membaca cepat sudah berhasil.
Kata kunci : Peran Guru, Motivasi, Menbaca Cepat
Download berkas