Penulis / NIM
SINTIA SOANGO / 151411183
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Sintia Soango, 2015. Peran Guru Mengelola Kelas Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran di Kelas IV SDN 36 Kota Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dajani Suleman, M.Hum.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru mengelola kelas dalam mengoptimalkan pembelajaran, di kelas IV SDN 36 Kota Selatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peran guru mengelola kelas dalam mengoptimalkan pembelajaran di kelas IV SDN 36 Kota Selatan.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menggambarkan atau mendeskripsikan peran guru mengelola kelas dalam mengoptimalkan pembelajaran. Metode pengumpulan data triangulasi yaitu triangulasi dengan metode dan triangulasai dengan sumber. Triangulasi dengan metode yaitu penelitian melalui metode observasi dan wawancara sedangkan triangulasi dengan sumber yaitu melakukan penelitian dengan sumber yang berbeda dalam hal ini guru dan siswa.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa peran guru mengelola kelas dalam mengoptimalkan pembelajaran di kelas IV SDN 36 Kota Selatan sudah baik atau sudah optimal. Hal tersebut dilihat dari peran guru sebagai fasilitar, mediator, pengelola, motivator, pembimbing, demonstrator, dan evaluator. Pengeloaan kelas untuk optimalisasi pembelajaran tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran dimana guru tersebut mampu mempertahankan kondisi kelas yang nyaman bagi siswa untuk belajar. Dimana guru menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal seperti mengatur tempat duduk, menata ruang kelas dan memperhatikan kebersihan kelas, menentukan penggunaan alokasi belajar, menunjukkan sikap tanggap, berinteraksi dengan baik dengan siswa, membagi perhatian, memotivasi siswa, membimbing siswa, memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas dan memberi teguran, memilih metode yang sesuai dengan pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Dengan adanya peran guru mengelola kelas diharapkan bagi guru kelas dan guru pemegang mata pelajaran untuk menguasainya sesuai dengan ketentuanya dan diharapkan agar guru mampu mengimplementsi segala peran dalam kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Selain itu juga diharapkan dapat bermanfaat bagi guru untuk mengembangkan kepemimpinannya didalam kelas sehingga menjadi guru berkualitas.
Kata Kunci : Pengelolaan kelas, optimalisasi pembelajaran
Download berkas