Penulis / NIM
TRIYANTI PAPUTUNGAN / 151411185
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Triyanti Paputungan, 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V (lima) SDN No. 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (I) Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd. (II) Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas V (lima) SDN NO. 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Subjek daalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas V (lima) SDN No. 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas V (lima) SDN No. 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo dapat dikatakan sudah baik dan maksimal, baik dari segi proses pembelajaran maupun dari segi hasil belajar siswa khususnya pada materi perubahan sifat benda. Hal ini disebabkan karena selain proses pembelajarannya telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang direncanakan, juga disebabkan karena metode demonstrasi ini marupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif karena siswa akan mengamati secara langsung fenomena atau fakta-fakta sesuai dengan materi pembelajaran yang dipelajarinya.
Kata kunci: Penerapan, Metode Demonstrasi, Pembelajaran IPA
Download berkas