Penulis / NIM
NURMIYATI ISMAIL / 151411186
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
NUMIYATI ISMAIL, 2016. Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Balajar Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV Dan V SD Negeri 11 Kecamatan limboto Barat Kabupaten Limboto Barat, Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Univrsitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I MH.I
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah ada hubungan yang positif signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matapalajaran PKn padas iswa kelas IV dan V SD Negeri 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo ? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar mata palajaran PKn pada siswa kelas IV dan V SD Negeri 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Berdasarkan hasil analisis korelasi antara disiplin belajar dengan hasil belajar PKn diperoleh nilai r sebesar 0,894 dengan p = 0,000 (p < 0,05), menunjukkan ada hubungan yang positif signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar PKn. Hal ini mendukung hipotesis ada hubungan yang positif signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar PKn dapat diterima. Artinya, semakin tinggi disiplin belajar siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar PKn Sebaliknya, semakin rendah disiplin belajar siswa maka semakin rendah pula hasil belajar PKn siswa.
KATA KUNCI : Disiplin Belajar Siswa dan Hasi Belajar Siswa
Download berkas