Penulis / NIM
WIN / 151411189
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Win. 2018. Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Keterampilan Dasar Mengelola Kelas Pada Pembelajaran di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si
Tujuan penlitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola lingkungan fisik kelas di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. 2). Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas secara non fisik di SDN Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa wawancara serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa hasil wawancara dengan guru dan kepala sekolah maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola kelas sudah tergolong cukup baik. Namun masih ada kendala yaitu kurang tersedianya sarana dan prasarana di dalam setiap kelas.Saran 1) agar pengelolaan kelas dalam pembelajaran bisa efektif ditambah lagi jam pelajarannya. 2) agar prestasi belajar siswa semakin meningkat maka pengelolaan kelas dalam pembelajaran tetap dipertahankan dan ditingkatkan.
Kata Kunci:Keterampilan Dasar Mengelola Kelas.
ABSTRACT
Win. 2018. Teacher's Ability to Implement Basic Skills in Managing Classes in Learning at SDaga 4 Telaga Gorontalo Regency. Thesis, Elementary School Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Hakop Walangadi, M.Sc and Advisor II Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Sc.
The purpose of this study was 1) to determine the teacher's ability to manage the physical environment of the class at Telaga 4 Telaga Gorontalo District. 2). To find out the teacher's ability to manage classes in a non-physical manner at Gorontalo Regency SDN.
The research method used is descriptive qualitative research. The data sources in this study were teachers and principals. Data collected from this research are interviews and documentation.
Based on the results of the study, it shows that the results of interviews with teachers and principals can be concluded that the ability of teachers to manage the class is quite good. But there are still obstacles, namely the lack of availability of facilities and infrastructure in each class. Suggestions 1) so that classroom management in learning can be effectively added to the lesson hours. 2) so that student learning achievement increases, the management of classes in learning is maintained and improved.
Keywords: Basic Skills for Managing Classes.
Download berkas