Penulis / NIM
PIKRIYANTO BUMULO / 151411191
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Pikriyanto Bumulo. Nim 151 411 191. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Pembelajaran IPA di Kelas Tinggi SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2015. Dibawah bimbingan Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si selaku pembimbing I dan Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Pembelajaran IPA di SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Pembelajaran IPA di SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo sudah menerapkan akan tetapi belum sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari bukti dokumentasi wawancara guru dan siswa yang diperoleh oleh peneliti. Berdasarkan bukti dokumentasi tersebut maka peneliti ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jiksaw belum terlihat oleh peneliti pada pembelajaran IPA di SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Sehingga melahirkan saran bahwa guru harus memahami dan mempunyai pengetahuan tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw agar dapat menambah kreatifitas guru dalam mendidik peserta didik.
Kata Kunci: Penerapan, Kooperatif Tipe Jigsaw, Pembelajaran, IPA
Download berkas