SKRIPSI

Penulis / NIM
NURLELA LATIF / 151411199
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK Nurlela Latif,2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) Pada Materi Sumber Daya Alam Di KelasV SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FakultasI lmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd, Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Rendahnya hasil belajar siswa tentang materi sumber daya alam di kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo(2) Model yang digunakan guru kurang efektif sehingga kurang menarik perhatian siswa ketika mengajar yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan peneitian ini Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada materi sumber daya alam pada siswa kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pengumpulan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo dengan jumlah siswa 24 orang. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan guru dalam pembelajaran materi sumber daya alam melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) dengan kriteria sangat baik yaitu 2 atau 12, 5% dan kriteria baik yaitu 14 atau 87,5%. Kegiatan siswa mencapai kriteria sangat baik yaitu 3 atau 21,43% dan kriteria baik yaitu 11 atau 78,57%. Adapun nilai total siswa mencapai 2055 atau 85,625%, yang tuntas 20 atau 83,34% dari 24 orang siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TipeThink Pair Share (TPS) pada materi sumber daya alam pada siswa kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo berhasil. Kata Kunci :Hasil Belajar , Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011