Penulis / NIM
JUHRINA MOKODOMPIT / 151411203
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Juhrina Mokodompit. 2015. Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I, Dr. Sukirman Rahim, M.Si dan Pembimbing II, Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA dikelas III SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran IPA dengan penerapan metode demonstrasi di kelas III SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Adapun subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Metode yang dipakai dalam penulisan skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu untuk memudahkan peneliti dalam mengumpulkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari guru dan siswa yang diamati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman dalam menerapkan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA sesuai dengan indikator dan kinerja yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo yaitu sudah baik, guru sudah menerapkan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA sesuai dengan prosedur atau langkah-langkah metode demonstrasi, sehingga guru mampu menyelesaikan maupun memaksimalkan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA.
Kata Kunci : Penerapan, Metode Demonstrasi,IPA
Download berkas