SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIA WULANDARI / 151411204
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK Fitria Wulandari. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pembelajaran IPA Di KelasV SDN 1 Mopuya Kabupaten Bolaang Mongondow. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I, Meylan Saleh S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II.Gamar Abdullah S.Si, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pembelajaran IPA di KelasV SDN 1 Mopuya Kabupaten Bolaang Mongondow?.Tujuan penelitianini adalah Untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) PadaPembelajaran IPA di KelasV SDN 1 MopuyaKabupatenBolaang Mongondow. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitianinimenggunakantehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dandokumentasi. Dari hasil penelitian guru memahami serta menerapkan model pembelajaran numbered heads together pada pembelajaran IPA dengan baik karena model pembelajaran numbered heads together sering di terapkanoleh guru. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatiftipe NHT pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 1 Mopuya Kabupaten Bolaang Mongondow telah diterapkan sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together hal ini terlihat dari : a). Tahap persiapan, b). Tahap pembentukan kelompok, dalam tahap ini guru kelas V membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-5 orang siswa. c). Guru mengharuskan tiap kelompok harus memiliki buku panduan untuk memudahkan siswa dalam menyelesaikan LKS. d). Diskusi masalah, e). Kemudian guru memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban. f). Dan terakhir guru bersama siswa bersama-samamenyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan. Kata Kunci: Penerapan Model NHT, Pembelajaran IPA.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011