Penulis / NIM
SRY WAHYUNI HUMOLUNGO / 151411205
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
Sri Wahyuni Humolungo, 2015. Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah berperan baik sebagai pembimbing, pengelola kelas, mediator, motivator dan evaluator. Hal ini ditunjukkan dengan skor hasil observasi pembelajaran yang dicapai memperoleh rata-rata 91,7% dan skor hasil angket siswa dari semua indikator peran guru dalam memotivasi belajar siswa memperoleh rata-rata 78,50%. Maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo sudah baik.
Kata Kunci : Peran Guru, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran IPA.
Download berkas