Penulis / NIM
HARIATY MANANGIN / 151411207
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Hariaty Manangin, 2015. Penggunaan Metode Eksperimen Pada Materi Energi Bunyi di kelas IV SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, M.Si dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan metode eksperimen pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan metode eksperimen pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Adapun subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan suatu keadaan yang diteliti atau diamati. Penelitian ini tidak menggunakan perhitungan, melainkan suatu prosedur yang dihasilkan deskriptif berupa data tulis atau data lisan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan pengamatan proses pembelajaran yang dilaksanakan pada hari selasa 31 maret 2015, peneliti mengamati bahwa penggunaan metode eksperimen pada materi energi bunyi sudah terlaksana dengan baik, dimulai dari tahap penyampaian tujuan pembelajaran sampai dengan kegiatan mengakhiri pembelajaran sudah terlaksana dengan baik. Penggunaan metode eksperimen pada materi energy bunyi sudah maksimal karena dilakukan guru sesuai dengan langkah-langkah metode eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru telah berhasil menggunaan metode eksperimen pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 2 Talaga Jaya.
Kata Kunci : Penggunaan, Eksperimen, Energi
Download berkas