Penulis / NIM
INDRI MANDRA DEWI / 151411208
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Indri Mandra Dewi. 2015. "Penerapan Media Realia Pada Materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan di Kelas IV SDN 2 Mopuya, Kecamatan Dumoga Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media realia, dan mengetahui kendala yang ditemui guru dalam menerapkan media realia pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan di kelas IV SDN 2 Mopuya, Kecamatan Dumoga Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penggunaan dan penetapan jenis penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan penerapan media realia pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan di kelas IV SDN 2 Mopuya, Kecamatan Dumoga Utara Kabupaten Bolaang Mongondow. Untuk memperoleh data yang diinginkan dan sesuai dengan kepentingan penjelasan maka penulis menggunakan teknik penelitian dengan tahap observasi awal, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa guru telah menerapkan media realia dengan baik. Dalam penerapan Media Realia pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan, guru yakni dengan menyiapkan bahan atau media realia yang diperlukan dengan membawa dari rumah, menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan, menunjuk salah seorang murid untuk mendemonstrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan, seluruh murid memperhatikan demonstrasi dan menganalisanya, tiap murid mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman murid yang didemonstrasikan dan memberi kesimpulan. Kendala yang ditemui dapat diatasi dengan menggantikan tumbuhan yang memiliki kemiripan misalnya bentuk akar, batang, dan daun yang mirip dengan tumbuhan yang sesuai dengan contoh yang ada dibuku. Sehingga penerapan media realia pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan di Kelas IV SDN 2 Mopuya, Kecamatan Dumoga Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow sudah maksimal karena guru dapat menyampaikan konsep pengajaran yang diajarkan.
Kata kunci : Media Realia, struktur dan fungsi bagian tumbuhan.
Download berkas