Penulis / NIM
FITRIYANI ISMAIL / 151411213
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Fitriyani Ismail. 2016. Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PKn di kelas IV SDN 2 Botupingge , Kecamatan Botupingge, Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo . Pembimbing I Drs. H. Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, MA.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 2 Botupingge kec.Botupingge Kab, Bone Bolango. Tujuan dari penelitian ini Untuk Mendeskrifsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 2 Botupingge Kec, Botupingge Kab,Bone Bolango. Aadapun pendekatan yang digunakan kualitatif dengan metode deskriptif Pada penelitian kemampuan guru mengelola pembelajaran pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 2 Botupingge Kec, Botupingge Kab, Bone Bolango, interaksi antara guru dan siswa tidak terjalin dengan baik sehingga guru sulit dalam pengelolaan pembelajaran.
Berdasarkan dari hasil penelitian kemampuan guru mengelola pembelajaran pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 2 Botupingge Kec, Botupingge Kab, Bone Bolango dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran kurang efektif karena pada proses pembelajaran berlangsung guru kurang memperhatikan keadaan siswa dibelakang. Sehinga ada siswa yang keluar masuk ruang kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, interaksi antara guru dan siswa tidak terjalin dengan baik sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran tidak tercapai. Kurangnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran akan berdampak pada kemampuan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa sulit mencerna materi yang telah diberikan guru.
Kata Kunci : Kemampuan Guru dan Pengelolaan Pembelajaran
Download berkas