Penulis / NIM
SUSAN LATIF / 151411214
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Masalah penelitian ini dirumuskan 'Apakah kemampuan menyimak cerita siswa kelas V SDN 3 Tilango Kbupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran?' Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita siswa kelas V SDN 3 Tilango Kabupaten Gorontalo melalui metode bermain peran. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes perbuatan serta dokumentasi. Tekhnik analisis data dilakukan secara deskripsi dengan tekhnik persentase. Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian yang dilasanakan melalui 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi, serta tahap analisis dan refleksi.
Hasil pelaksanaan siklus 1 pertemuan pertama, siswa yang mampu menceritakan kembali isi cerita ada 7 (35%), 6 (30%) siswa yang mampu mengurutkan isi cerita dan 8 (40%) siswa yang mampu memerankan isi cerita. Pada pertemuan kedua 44 (70%) siswa yang sudah mampu menceritakan kembali, mengurutkan isi cerita dan mampu dalam memerankan isi cerita. Hasil siklus 2 pertemuan pertama ada 12 (60%) siswa yang mampu menceritakan kembali isi cerita, 15 (75%) siswa yang mampu mengurutkan isi cerita dan memerankan isi cerita, siklus 2 pertemuan kedua meningkat menjadi 16 (80%) yang mampu menceritakan isi cerita, 15 (75%) mampu dalam mengurutkan isi cerita dan 16 (80%) siswa yang mampu dalam memerankan isi cerita di depan kelas.dengan hasil perolehan nilai siswa dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran kemampuan menyimak cerita pda siswa kelas V SDN 3 Tilango Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan, Menyimak, Cerita, Metode bermain peran.
Download berkas