Penulis / NIM
WILASKE MAKU / 151411218
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Wilaske Maku, 2015. Kompetensi Guru Dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas IV SDN 12 Botumoito Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan pembimbing II Nurhayati Tine S,PdI M,H.I
Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru dan implikasinya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui suatu penelitian, dengan fokus permasalahan adalah : Bagaimana Kompetensi Guru Dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn dan bagaimana pula hambatan dan upaya mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru Mata Pelajaran PKn dan siswa SDN 12 Botumoito.
Dari hasil penelitian ini ditemukan hal-hal sebagai berikut : (1) kompetensi guru PKn di SDN 12 Botumoito belum sepenuhnya dikuasai oleh guru sehingga berimplikasi pada prestasi belajar siswa; (2) Hambatan yang ditemui dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SDN 12 Botumoito adalah disebabkan oleh masalah atau faktor yang muncul dalam pembelajaran. Selain yang disebabkan oleh guru, ada pula masalah yang lainnya yaitu lingkungan sekolah yang kurang kondusif dalam mendukung kegiatan pembelajaran, sarana dan prasarana masih kurang memadai, kurangnya minat dan motivasi belajar siswa. Upaya mengatasinya dengan memperbaiki metode pembelajaran dan melengkapi sarana dan prasarana yang ada di sekolah tersebut.
Kata-kata kunci : kompetensi guru, prestasi belajar
Download berkas