Penulis / NIM
NUR`AIN HARUN / 151411219
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Harun Nur'ain 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Gaya Melalui Metode Eksperimen Di Kelas V SDN 5 Tolingguka Kabupaten Gorontalo Utara.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya di kelas V SDN 5 Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya melalui metode eksperimen di kelas V SDN 5 Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dan analisis dan refleksi.Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai evaluasi siswa siklus I dan siklus II. Data presentase hasil belajar siswa siklus I yaitu tuntas 18,81% yang tidak tuntas 81,18% sedangkan presentase hasil belajar siswa siklus II yaitu tuntas 90,91% yang tidak tuntas 9,09%. Peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 36,36% menjadi 90.91%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya di kelas V SDN 5 Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen
Download berkas