Penulis / NIM
RAHMAT SUNATI / 151411220
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
RahmatSunati. 2018. Efektifitas Penggunaan metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Bilangan Asli Pada Siswa Kelas 4 SDN 06 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd,M.Pd
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar perkalian bilangan asli pada siswa kelas IV SDN 06 Tapa Kabupaten Bonebolango?, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Bilangan Asli Pada Siswa Kelas 4 SDN 06 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode komparatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah observasi, tesdandokumantsi. Data-data yang diperoleh dari tes selanjutnya diolah menggunakan uji t Paired Samples Testdengan bantuan software spss versi 18.0.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas 4 SDN 06 Tapa Kabupaten Bone Bolango dengan jumlah siswa 17 orang yang terdiri dari 8 orang siswalaki " lakidan 9 orang siswa perempuan.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa berdasarkan perhitungan output pengujian SPSS 18.0 diperoleh bahwa thitung = 3,916 dan ttabel = 2,069. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah Penggunaan metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Bilangan Asli Pada Siswa Kelas 4 SDN 06 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Efektifitas Penggunaan metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Bilangan Asli Pada Siswa Kelas 4 SDN 06 Tapa Kabupaten Bone Bolango dapat mempengeruhi hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar sebelum menggunakan metode jarimatika mendapatkan rata-rata hasil belajar siswa (71,94) dan sesudah menggunakan metode jarimatika mendapatkan rata-rata hasil belajar siswa (82,71). Dalam hal ini rata " rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode jarimatika lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan matode jarimatika artinya Efektifitas Penggunaan metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Bilangan Asli Pada Siswa Kelas 4 SDN 06 Tapa Kabupaten Bone Bolango dapat mempengeruhi hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Penggunaan metode Jarimatika
ABSTRACT
RahmatSunati. 2018. Effectiveness of the Use of Jarimatika Method on Learning Outcomes of Multiplication of Original Numbers in Grade 4 Students of SDN 06 Tapa Bone Bolango Regency. Thesis, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor Dra. Martianty Nalole, M.Pd Advisor II Ismail Pioke, S.Pd,M.Pd
This study aims to determine the effectiveness of the use of the Jarimatika method on the learning outcomes of multiplication of original numbers in grade 4 students of SDN 06 Tapa, Bone Bolango District.
This type of research is quantitative research using comparative methods. Data collection instruments used by researchers in this study were observation, tests and documentation. The data obtained from the test are then processed using the Paired Samples Test t test with the help of software spss version 18.0. The population in this study were Grade 4 students of SDN 06 Tapa Bone Bolango Regency with a total of 17 students consisting of 8 male students and 9 female students.
The results of this study note that based on the calculation of the SPSS 18.0 test output it was found that t count = 3.916 and t table = 2.069. Because thitung> t table then H0 is rejected and H1 is accepted, which means there are differences in learning outcomes before and after the use of the Jarimatika method on the learning outcomes of multiplication of original numbers in grade 4 students of SDN 06 Tapa Bone Bolango District.
Based on the results obtained, it can be concluded that the Effectiveness of the Use of Jarimatika Method on Learning Outcomes of Genuine Numbers Multiplication in Students in Grade 4 SDN 06 Tapa Bone Bolango District can influence student learning outcomes. This can be seen from the differences in learning outcomes before using the Jarimatika method to get the average student learning outcomes (71.94) and after using the Jarimatika method to get the average student learning outcomes (82.71). In this case the average learning outcomes of students who use the Jarimatika method is higher than the average student learning outcomes before using Jarimatik means that the Effectiveness of the Use of Jarimatika Method Against Learning Outcomes of Genuine Numbers in Students in Grade 4 SDN 06 Tapa Bone Bolango District can affect student learning outcomes.
Keywords: Use of the Jarimatika method
Download berkas