Penulis / NIM
SELMI LAKORO / 151411221
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Selmi Lakoro. 2015. Perbedaan Hasil Belajar IPA dengan Metode Eksperimen dan Metode Demonstrasi Di SDN 1 Batubantayo dan SDN 1 Kayuogu Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II
Drs. Djotin Mokoginta, S,Pd. M.Pd.
Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu "Apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode eksperimen dengan metode demonstrasi?". Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode eksperimen dengan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SDN 1 Batubantayo dan SDN 1 Kayuogu Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Sulawesi Utara. Variabel penelitian yaitu: (1) Variabel A adalah penerapan metode eksperimen dan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA, dan (2) Variabel B adalah hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Batubantayo dan siswa kelas IV SDN 1 Kayuogu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan studi dokumentasi. Teknik analis data menggunakan analisis varians (ANAVA) satu jalur. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dan demonstrasi yang berfokus pada hasil belajar siswa keduanya memberikan dampak positif terhadap hasil belajar materi sifat-sifat benda pada siswa kelas IV SDN 1 Batubantayo dan SDN 1 Kayuogu. Namun, hasil belajar kedua metode tersebut memberikan hasil yang berbeda. Nilai rata-rata hasil tes akhir siswa tertinggi yaitu kelas yang dibelajarkan menggunakan metode eksperimen sebesar 73,93 sedangkan menggunakan metode demonstrasi pada kelompok B di bawah dari nilai tersebut yaitu mencapai 63,47. Hasil ANAVA satu jalur menunjukkan bahwa ada perbedaan di antara nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode eksperimen dan metode demonstrasi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang berbeda tidak signifikan yaitu nilai rata-rata hasil tes awal kelompok A (A1) terhadap hasil tes awal kelompok B (B1). Selain dari itu, nilai rata-rata hasil tes siswa antara satu dengan lainnya berbeda signifikan.
Kata Kunci: Metode Eksperimen, Metode Demonstrasi Hasil Belajar,
Sifat-Sifat Benda, IPA
Download berkas