Penulis / NIM
JULEHA HASAN / 151411225
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana cara guru untuk menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui pembelajaran Pkn di SDN 2 Telaga?" Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian Untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai budi pekerti melalui pembelajaran Pkn di SDN 2 Telaga.
Hasil penelitian, bahwa penerapan nilai-nilai budi pekerti melalui pembelajaran Pkn guru menerapkan metode pembiasaan, keteladanan, modelan dalam pembelajaran Pkn yaitu di variasikan dengan metode yang lain seperti tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Dan kendala guru untuk menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui pembelajaran Pkn yaitu bertemu dengan anak-anak yang memiliki keterbatasan di bawah mereka susah diajak untuk menerapkan nilai-nilai tersebut.
Maka dapat di simpulkan bahwa penerapan nilai-nilai budi pekerti melalui pembelajaran Pkn Di SDN 2 Telaga, guru-guru tidak mengalami terlalu banyak kendala di dalam pembelajaran Pkn di dalam kelas karena guru menggunakan media belajar yang menarik ketika di kelas, kemudian guru memberikan arahan dan nasehat buat siswa yang memiliki keterbatasan di bawah yang susah untuk menerapkan nilai-nilai budi pekerti di dalam kelas ataupun di dalam kehidupan siswa sehari-hari.
Kata kunci: Nilai Budi Pekerti, Pembelajaran Pkn
Download berkas