Penulis / NIM
HAMSYIN DJABIR / 151411228
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Hamsyin Djabir. 2015. Pengaruh Pendekatan Ilmiah Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Meylan Saleh S.Pd, M.Pd, Pembimbing II: Gamar Abdullah S.Si, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh pendekatan ilmiah model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA?", sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan ilmiah model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Subjek penelitian adalah siswa SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo kelas IV A yang menjadi kelas eksperimen dengan pemberian perlakuan model pembelajaran problem based learning dan IV B sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional, masing-masing kelas terdiri dari 20 orang siswa. Data hasil belajar IPA siswa, dikumpulkan dengan menggunakan tes. Tes diberikan dalam 2 tahap yakni pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil homogenitas dari tes pretest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni sebesar 0,162, dan untuk hasil tes posttest kedua kelas yakni 0,020, yang berarti bahwa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol untuk hasil tes pretest maupun posttest keduanya memiliki varians yang sama atau homogen dengan melebihi taraf signifikansi 0,05. Selain itu terdapat perbedaan hasil posttest kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 76,58 dan hasil posttest kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 60,26.
Berdasarkan hasil perbedaan rata-rata dari kedua kelas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan ilmiah model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA yang dilaksanakan pada kelas eksperimen di kelas IV SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Kata kunci : pendekatan ilmiah, model problem based learning, hasil belajar
Download berkas