Penulis / NIM
IRSAD PODUNGGE / 151411235
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Irsad Podungge. 2016. "Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas II SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo" Skripsi. S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dra. Elmia Umar M.Pd (2) Samsi Pomalingo S.Ag M.A
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas III SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan Model Talking Stick terlihat siswa merespon saat proses pembelajaran berlangsung, kemudian siswa berusaha agar bisa menjawab pertanyaan. Selain itu juga siswa merasa senang dan termotivasi untuk belajar. Kemudian dalam menggunakan model pembelajaran talking stick untuk menciptakan proses pembelajaran PKn yang menyenangkan agar siswa menjadi lebih paham terhadap materi yang diajarkan. Kemudian siswa menjadi percaya diri untuk mengemukakan pendapat sera bisa menjawab pertanyaan dari guru. Kemudian Siswa merasa antusias dan sangat tertarik dengan proses pembelajaran. Kemudian dari segi partisipasi terlihat siswa sudah sangat berpartisipasi dalam pembelajaran di kelas khususnya saat menerapkan model talking stick pada pembelajaran Pkn, terlihat siswa aktif bartanya, menjawab pertanyaan, maupun bekerjasama dalam kelompok.
Kata Kunci : Pembelajaran PKn, Model Talking Stick,Kreativitas Guru
Download berkas