Penulis / NIM
INKA SINDI PRATIWI ADAM DJAFAR / 151411236
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penggunaan Bahasa Indonesia Baku dalam Bercerita Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Boliyohuto Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo?. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia baku dalam bercerita pada siswa kelas IV SDN 02 Boliyohuto Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Metode pendekatan digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa, guru lebih dominan mengajarkan bahasa Indonesia bukan bagaimana berbahasa yang baik. Hal ini yang membuat siswa mengalami kesulitan untuk bercerita. Sehingga diperoleh hasil siswa Dari 22 orang siswa hanya 4 orang siswa saja atau dengan presentase 18.18% yang termasuk pada kategori kurang mampu sejumlah 12 orang siswa atau dengan presentase 54.54% dan yang tidak mampu adalah 6 orang siswa atau presentase 27.27%.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia baku dalam bercerita di SDN 02 Boliyohuto Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo telah dijalankan namun belum maksimal.
Kata kunci : Bahasa Indonesia Baku, Bercerita
Download berkas