Penulis / NIM
MOH. YOGI BABAY / 151411237
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Moh. Yogi Babay. 2015. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 13 Kota Barat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II
Nurhayati Tine, S.PdI. M.HI.
Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu "Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan siswa Kelas IV SDN 13 Kota Barat mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS". Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN 13 Kota Barat.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dari beberapa hasil wawancara terhadap guru, orang tua, dan siswa kelas IV SDN 13 Kota Barat Kota Gorontalo, faktor-faktor kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal (faktor dari dalam diri anak) faktor psikologis yaitu sikap negatif yang ditimbulkan siswa, seperti tidak aktif dalam pembelajaran berlangsung, serta faktor kelelahan yaitu dengan jadwal pembelajaran IPS setelah jam istirahat, siswa merasa lelah, berkeringat dan gerah. Selain faktor internal di atas, ada juga faktor eksternal (faktor dari luar), faktor penyelenggaraan pengajaran terlalu padat, hubungan guru dengan siswa tidak terjalin dengan baik, dan hukuman yang diberikan hendaknya bersifat mendidik yang bertujuan untuk menarik dan menigkatkan perhatian siswa.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar
Download berkas