Penulis / NIM
FATMAWATI BATAHAI / 151411241
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
Fatmawati Batahai, 2015. Persepsi Guru Terhadap Penerapan Kurikulum 2013 Di SDN Se-Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana persepsi guru terhadap penerapan kurikulum 2013 di SDN Se-Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi guru terhadap penerapan kurikulum 2013 di SDN Se-Kecamatan Kabila.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif artinya penelitian yang bukan merupakan angka-angka melainkan dengan kata-kata hasil wawancara, dokumentasi dan dokumen-dokumen yang penting lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam proses perencanaan masih mengalami kesulitan tetapi pada dasarnya dalam penyusunan rencana pembelajaran sama dengan kurikulum yang lama walaupun terdapat perbedaan hanya digaris-garis besarnya saja dan penyusunan rencana pembelajaran juga berdasarkan silabus dan buku pegangan guru yang telah disediakan oleh pemerintah. Pelaksanaan kurikulum 2013 belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan untuk itu peran guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 sangat besar disamping menggunakan buku yang sudah ada juga harus menggunakan sumber pelajaran lain. Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 masih terdapat beberapa kendala seperti pada proses pembelajaran guru masih sulit mencari cara agar siswa bisa aktif dalam proses pembelajaran dan kendala yang lain terdapat pada format penilaian.
Kata Kunci : Persepsi Guru, Kurikulum 2013
Download berkas