Penulis / NIM
FADILA GOMA / 151411242
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Fadila, Goma. 2015. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Kelas IV SDN No.13 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd dan pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Dan menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dari guru, dan siswa. Dan data sekunder adalah data yang diperoleh dari buku-buku, internet dan informasi yang berhubungan dengan teori-teori.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ? Berdasarkan hasil penelitian bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV yaitu faktor internal (faktor dari dalam diri anak) meliputi faktor jasmaniah, faktor psikologis dan faktor kelelahan. Faktor eksternal (faktor dari luar), meliputi faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat. Dari faktor-faktor diatas yang menjadi kendala yaitu, terdapat dalam hubungan antara guru dan siswa itu sendiri. Adapun upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan motivasi siswa yaitu dengan memberi angka (nilai), gerakan tubuh, mengetahui hasil, dan memberikan hukuman yang mendidik.
Kata Kunci : Guru, Siswa dan Motivasi Belajar
Download berkas