Penulis / NIM
FERAWATY OPALADU / 151411243
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Ferawaty Opaladu. 2015. Deskripsi Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah deskripsi pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan observasi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh informasi tentang pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo sudah membuktikan bahwa mampu mengatasi kebosanan dalam belajar, mampu memberikan kesempatan pada siswa untuk menerapkan teori, serta mampu memperluas wawasan berfikir siswa. Proses pembelajaran seperti ini sangat cocok digunakan pada pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan di kelas IV.
Kata Kunci: Lingkungan, Sumber Belajar
Download berkas