SKRIPSI

Penulis / NIM
RIDWAN HUNAWA / 151411245
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Ridwan Hunawa. 2018. Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 2 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Dra. Hj. Elmia Umar, M.Pd dan pembimbimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag., MA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa yang menjadi faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas IV SDN II Suwawa pada mata pelajaran PKn dan bagaimana peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran PKn , dan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PKn dan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran PKn. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, penilaian, kuesioner, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 2 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango adalah (1) Faktor internal,Siswa yang dapat memahami pelajaran PKn di kelas IV mencapai persentasi 50% dan 50% memahami pelajaran PKn ,siswa yang memahami pelajaran PKn dikarenakan siswa tersebut suka dengan pelajaran PKn dan senang dengan gurunya. (2) Faktor eksternal dukungan atau kontrol dari orang tua siswa masih kurang dan cara mengajar guru masih kurang mengena pada siswa. Dari dua faktor tersebut maka siswa jarang mengerjakan tugas yang diberikan guru dirumah, siswa jarang belajar ketika belajar dirumah.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru masih belum bisa memberikan seluruh kebutuhan siswa, dikarenakan ada beberapa kendala dari guru itu sendiri, selain jarak rumah guru itu sangat jauh dari sekolah juga fasilitas sekolah yang belum memenuhi standart pendidikan. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Pembelajaran PKn. ABSTRACT HunawaRidwan. 2018. TheRole ofTeachers in Overcoming Studentsâ Learning Difficulties on Civics Education in Grade IV of Elementary SDN 2 Suwawa, Suwawa District, Bone BolangoRegency. UndergraduateThesis. the Department of elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal supervisor: Dra. Hj. Elmia Umar, M.Pd.Co-supervisor:SamsiPomalingo, S.Ag., MA. The problem of this study is what are the factors that cause the difficulties of fourth-gradestudents in SDN II Suwawaregarding the problem of Civics Education and how is the role of teachers in overcoming studentsâ learning difficulties on the subjects. This study aims to findout and describe the factors that cause students learning difficulties on Civics Education and describe the role of teachers in overcoming studentsâ learning difficulties on Civics Education. The method that used in this study is a qualitative approach with descriptiveresearch type which in collectingng the data through interviews, observations, assessments, questionnaires, and documentation. Based on the results of the study,itis found that two factors cause the role of teachers in overcoming studentsâ learning difficulties in learning Civics education the research area are: 1) internal factors, which students can understand Civics education because the students have interest toward the subjects and are happy with the teacher. 2) the external factors, the support or control of parents for students are still lacking, and the method that the teachers use in teaching is still less attractive to students. Therefore , the students become have less interest to study at home. Moreover, it can be concluded that the teachers could not provid students need in the learning process with is caused by several factors and obstacles from the teacher it self such as distance of teachersâ house to school and the school facilities that have not met the education standard Keywords: Learning Difficulties, Civics Education Learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011