Penulis / NIM
ISLAMIYATI USMAN / 151411247
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Islamiyati Usman. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Pada Kemampuan Berbicara Siswa di Kelas I SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan pembimbing II Wiwi T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran langsung pada kemampuan berbicara siswa di Kelas I SDN 3 Telaga
Kabupaten Gorontalo? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dari 42 siswa terdapat 23 orang siswa (54,76 %) yang sudah mampu berbicara, 8 orang siswa (7,69 %) yang masih kurang mampu berbicara, dan 11 orang siswa (26,19%) yang tidak mampu berbicara. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran langsung pada kemampuan berbicara siswa sudah cukup maksimal, akan tetapi keseluruhan kegiatan yang dilakukan mempunyai kendala dalam pelaksanaannya, disamping banyak media pembelajaran yang kurang mendukung, hal non teknis lainnya sperti kurangnya fasilitas yang ada di dalam kelas tersebut sangat berpengaruhi kegiatan pembelajaran, namun bila dilihat dari konsistensi dan profesional guru yang ada dalam memberikan pembelajaran, terlihat jelas guru berusaha untuk tetap kreatif dalam memberikan materi yang ada.
Kata kunci : Model Pembelajaran Langsung, Berbicara
Download berkas