Penulis / NIM
ALENA SUNA / 151411253
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Alena Suna. 2013. “Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah Melalui Pendekatan CTL ( Contextual Teacing Learning ) Di Kelas I SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo” Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi,M.Si dan pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd,M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pemahaman belajar siswa masih rendah terhadap materi yang diajarkan, Kesadaran siswa untuk menjaga kebersihan masih rendah dan Belum optimalnya penggunaan pendekatan CTL (Contextual Teacing Learning ). Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman akan kebersihan rumah melalui pendekatan pembelajaran CTL ( Contextual Teacing Learning ) pada siswa kelas I SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Berdasarkan landasan teori, maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian tindakan kelas sebagai berikut: pembelajaran IPS melalui pendekatan CTL (Contextual Teacing Learning ) diduga dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang menjaga kebersihan rumah kelas I SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diproleh data Aspek memberikan contoh dari jumlah 22 siswa yang yang memperoleh predikat baik adalah 16 orang atau 72,2 %. Predikat cukup adalah 6 orang atau 27,2 %. Aspek menjelaskan dari jumlah 22 siswa yang memperoleh predikat baik adalah 17 orang atau 77,2 %. Predikat cukup adalah 5 orang atau 22,7 %. Aspek mempresentasekan dari jumlah 22 siswa yang memperoleh predikat baik adalah 19 orang atau 86,3 % dan yang predikat cukup adalah 3 orang atau 13,6 %. Jika dilihat dari hasil yang diperoleh secara keseluruhan dari 3 indikator capaian yaitu 78,5 % maka pemahaman siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan 77 %. Dengan demikian tindakan ini tidak akan dilanjutkan pada siklus berikutnya. Dengan demikian tindakan ini tidak akan dilanjutkan pada siklus berikutnya. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui pendekatan CTL (Contextual Teacing Learning ) dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang menjaga kebersihan rumah kelas I SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Pemahaman, Kebersihan Lingkungan Rumah, Pendekatan CTL (Contextual Teacing Learning )
Download berkas