Penulis / NIM
PEISI ARBANGKA / 151411257
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Peisi Arbangka. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyimak Pengalaman Teman Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Di Kelas III SDN 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing 2 Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan siswa menyimak Pengalaman Teman di Kelas III SDN 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menyimak pengalaman teman melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di siswa kelas III SDN 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyimak pengalaman teman dapat ditingkatkan melalui model Think Pair Share (TPS). Pada siklus I terdapat 48 % atau 12 orang siswa yang memperoleh kriteria mampu, 52 % atau 13 orang siswa memperoleh kriteria tidak mampu. Pada siklus II meningkat menjadi 96 % atau 24 orang siswa memperoleh kriteria mampu dan 4 % memperoleh kriteria tidak mampu atau indikator kinerja tercapai.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango menyimak pengalaman teman.
Kata Kunci: Kemampuan, Menyimak Pengalaman Teman, Think Pair Share (TPS)
Download berkas