Penulis / NIM
ISNAWATI N. BOTUTIHE / 151411258
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
Isnawati Botutihe. 2015. Analisis Kesalahan Penggunaan Preposisi Monomorfemis pada Karangan Siswa Kelas III SDN I Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis kesalahan penggunaan preposisi monomorfemis pada karangan siswa kelas III SDN I Bulango Selatan? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan penggunaan preposisi monomorfemis pada karangan siswa kelas III SDN I Bulango Selatan. Sementara metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kecederungan siswa yang salah dalam menggunakan preposisi monomorfemis pada karangan. Dari 18 orang siswa, yang sudah mampu menggunakan preposisi monomorfemis pada karangan dengan tepat hanyalah 2 orang siswa atau 11 %, sedangkan siswa yang belum tepat menggunakan preposisi monomorfemis pada karangan ialah sebanyak 16 orang siswa atau 89 %. Dengan demikian, siswa yang melakukan kesalahan lebih cenderung banyak, dibandingkan dengan siswa yang sudah bisa menggunakan preposisi monomorfemis pada karangan secara tepat.
Kata Kunci : analisis kesalahan, preposisi monomorfemis dan karangan siswa.
Download berkas