SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI YANTI OLII / 151411260
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK Sriyanti Olii. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bumi dan Alam Semesta Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SDN 1 Ilangata Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Program Studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Masalah penelitian ini adalah Apakah dengan melalui pendekatan kontekstual hasil belajar siswa pada materi bumi dan alam semesta akan meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi bumi dan alam semesta melalui pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 1 Ilangata Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah ”Jika guru menggunakan pendekatan Kontekstual pada materi bumi dan alam semesta di kelas IV SDN 1 Ilangata Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara maka hasil belajar siswa akan meningkat”. Adapun metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diketahui bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual hasil belajar siswa pada materi bumi dan alam semesta di kelas IV SDN 1 Ilangata Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara meningkat. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan data hasil pelaksanaan tindakan siklus di mana pada siklus 1 hasil belajar siswa meningkat dari observasi awal yang hanya 48% menjadi 60,8%. Setelah dilakukan tindakan siklus 2, hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan hingga 78,3%. Dengan demikian, pendekatan kontekstual dikatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bumi dan alam semesta karena telah memenuhi syarat standar yang telah ditetapkan oleh peneliti yakni apabila 75% dari jumlah seluruh siswa sudah memperoleh hasil belajar 70 ke atas. Sesuai dengan hasil analisis data yang diolah secara kualitatif maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual hasil belajar siswa pada materi bumi dan alam semesta di kelas IV SDN 1 Ilangata Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara meningkat. Kata kunci : Hasil Belajar, pendekatan kontekstual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011