Penulis / NIM
SUNARIAWATI / 151411261
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Sunariawati. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sumber Energi Dalam Kehidupan Sehari Hari Melalui Metode Inkuiri di Kelas II SDN No. 01 Ilangata Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd., Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang sumber energi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sumber energi dalam kehidupan sehari melalui metode inkuiri di kelas II SDN No. 01 Ilangata Kec. Anggrek Kab. Gorontalo Utara. Melalui penerapan metode inkuiri, pada siklus I, data yang diperoleh yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas terdapat 17 orang siswa dari 31 orang siswa, atau sebanyak 54,83%. dan untuk daya serap siswa 72,58%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan metode inkuiri, belum mencapai indicator kinerja. Oleh karena indicator kinerja belum terpenuhi maka dilakukan penelitian lanjutan pada siklus II, data yang diperoleh mengalami peningkatan yang siknifikan yaitu siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 26 orang siswa atau 83,87%. Sedangkan untuk daya serap pada siklus II yaitu 86,13%. Kalau kita melihat hasil perolehan siklus I dan siklus II terjadi peningkatan perolehan hasil belajar sebesar 29,04%. Berdasarkan hasil capaian tersebut di atas maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Hasil Belajar, metode inkuiri
Download berkas