Penulis / NIM
CRISTINA SAIDI / 151411264
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Cristina Saidi. 2018. Penerapan Model STAD Pada Pembelajaran SBK Tentang Materi Kerajinan Tangan Benda Konstruksi Pada Siswa Kelas V SDN 1 Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud,S.Pd,M.Si. dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model STAD pada pembelajaran SBK tentang materi kerajinan tangan benda konstruksi pada siswa kelas V SDN 1 Dulupi Kabupaten Boalemo ? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model STAD pada pembelajaran SBK tentang materi kerajinan tangan benda konstruksi pada siswa kelas V SDN 1 Dulupi Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model STAD pada pembelajaran SBK tentang materi kerajinan tangan benda konstruksi pada siswa kelas V SDN 1 Dulupi Kabupaten Boalemo dapat diklasifikasikan bahwa dari 28 orang siswa terdapat 23 siswa yang dinyatakan berhasil dengan nilai 75 ke atas. Oleh karena itu dapat disimpulkan penerapan model STAD pada pembelajaran SBK materi kerajinan tangan benda konstruksi di kelas V SDN 1 Dulupi telah berhasil sesuai dengan yang diharapkan.
Kata Kunci : STAD, Kerajinan Tangan, Benda Konstruksi
â
ABSTRACT
Saidi, Cristina. 2018. The Application of Student Team Achievement Divisions
(STAD) Model in Arts and Culture Subject at Grade V Students, Elementary
School SDN 1 Dulupi, Boalemo Regency. Undergraduate Thesis. Department of
Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri
Gorontalo. Principal Supervisor: Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si. Co upervisor: Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
This research is intended to describe the application of STAD model in Arts and
Culture Subject at Grade V Students, Elementary School SDN 1 Dulupi, Boalemo
Regency; this is fonnulated based on the problem statement of this research. This
research employed a qualitative descriptive method.
The result indicates that there are 23 students out of 28 are successful by getting score 75 and above after implementing STAD model in Arts and Culture subject in the site area. In brief, the application of STAD model in Arts and Culture subject of handicrafts of construction objects at Grade V SDN 1 Dulupi has been successfully run as expected.
Keywords: STAD, Handicraft, Const
Download berkas