Penulis / NIM
ABDUL KADIR HARUN DALI / 151411272
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Kadir Harun Dali. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Laporan
Pengamatan Lingkungan Di Kelas V SDN 19 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas
Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II
Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa meningkat dalam
menulis laporan pengamatan lingkungan di kelas V SDN 19 Telaga Biru Kabupaten
Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa di kelas V
SDN 19 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo pada materi menulis laporan pengamatan
lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Pada pelaksanaan tindakan siklus I menulis laporan pengamatan lingkungan dari 17 orang
siswa yang memperoleh kriteria mampu berjumlah 7 orang atau 41%, dan tidak mampu
10 orang atau 59 %. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I, pada
siklus II terjadi peningkatan yakni dari 17 orang siswa yang memperoleh kriteria mampu
berjumlah15 orang atau 88 %, tidak mampu 2 orang atau 15 %.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa meningkat dalam menulis
laporan pengamatan lingkungan pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Kemampuan, Menulis Laporan, Pengamatan Lingkungan
Download berkas