SKRIPSI

Penulis / NIM
WINANGSI I. HILALA / 151411274
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK Winangsih, Hilala. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menemukan Pikiran Pokok Pada Paragraf Melalui Model Numbered Head Together di Kelas IV SDN 22 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: I) Dra. Dajani Suleman, M.Hum; dan II) Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan siswa dalam menemukan pikiran pokok pada paragraf dapat ditingkatkan melalui model Numbered Head Together di kelas IV SDN 22 Paguyaman Kabupaten Boalemo?” Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN 22 Paguyaman Kabupaten Boalemo dalam menemukan pikiran pokok pada paragraf melalui model Numbered Head Together. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas IV SDN 22 Paguyaman dalam menentukan pikiran pokok pada paragraf dapat ditingkatkan melalui model Numbered Head Together. Peningkatan kemampuan siswa ditunjukkan oleh tingkat pencapaian indikator kinerja yang ditunjukkan di setiap siklus: 1) dalam aspek membaca sebuah teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat, kemampuan siswa yang semula 73,91% pada observasi awal kemudian meningkat menjadi 86,96% pada siklus I dan akhirnya meningkat menjadi 95,65% di siklus II; 2) dalam aspek menemukan pikiran pokok pada paragraf, kemampuan siswa yang semula hanya 43,48% pada observasi awal kemudian meningkat menjadi 69,57% pada siklus I dan akhirnya meningkat menjadi 95,65% di siklus II; dan 3) dalam aspek mengemukakan pikiran pokok pada paragraf, kemampuan siswa yang semula 47,83% pada observasi awal kemudian meningkat menjadi 56,52% pada siklus I dan akhirnya meningkat menjadi 91,52% di siklus II Berdasarkan pasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas IV SDN 22 Paguyaman dalam menentukan pikiran pokok pada paragraf dapat ditingkatkan melalui model Numbered Head Together. Kata Kunci : PTK, Pikiran Pokok Paragraf, Model Numbered Head Together
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011