Penulis / NIM
NUR HASNAH IGIRISA / 151411275
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
ABSTRAK
Nur Hasnah Igirisa. 2013. Kemampuan Siswa Menganalisis Wacana di Kelas IV SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman,M.Hum dan Pembimbing II Dra.Hj.Pratiwi Laboro,M.Pd.
Permasalahan dari penelitian ini yakni bagaimanakah kemampuan siswa menganalisis wacana di kelas IV SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa menganalisis wacana di kelas IV SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa 48% kemampuan siswa yang sudah mampu menganalisis wacana serta memahami cara pemakaian tanda baca seperti titik, koma, tanda hubung dan penggunaan huruf kapital serta struktur kalimat yang sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan dan 52% kemampuan siswa yang tidak mampu menganalisis wacana serta memahami cara pemakaian tanda baca seperti titik, koma, tanda hubung dan penggunaan huruf kapital serta struktur kalimat yang sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menganalisis wacana di kelas IV SDN 2 Telaga masih banyak yang belum mengerti penempatan tanda baca serta penggunaan huruf kapital, dan yang lebih fatalnya lagi hampir seluruh siswa belum memahami struktur kalimat yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.
Kata Kunci : Kemampuan, Menganalisis Wacana
Download berkas