Penulis / NIM
SUSPENTI IBRAHIM / 151411280
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Suspenti Ibrahim, nim 151411280, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Bumi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Devision) Kelas V SDN 14 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur bumi melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Devision )? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi struktur bumi melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SDN 14 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 14 Telaga Biru dengan jumlah siswa 38 orang, 21 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Siklus I dilaksanakan selama 1 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Hasil penelitian bahwa pada siklus 1 dari 38 orang kesuluruhan jumlah siswa terdapat 5 orang siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas atau sebanyak 13,16%. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni menjadi 31 orang siswa atau 81,57%. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu apabila digunakan pembelajaran koperatif tipe STAD maka hasil belajar pada materi struktur bumi kelas V SDN 14 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo mencapai 80% pada nilai 70 keatas, maka penelitian ini berhasil.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jika digunakan pembelajaran koperatif tipe STAD maka hasil belajar pada materi Struktur Bumi kelas V SDN 14 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo meningkat
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Struktur Bumi, Pembelajaran Tipe STAD (Student Team Achievement Devision).
Download berkas