Penulis / NIM
SRI DEWI NGABITO / 151411281
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Sri Dewi Ngabito 2013 Meningkatkan kemampuan siswa menyampaikan pesan pendek melalui model Think Paire Share kelas II SDN 14 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra Hj Evi Hasim, M.Pd. dan Pembimbing II Wiwy Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model Think Pair Share kemampuan siswa kelas II SDN 14 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dalam menyampaikan pesan pendek dapat ditingkatkan? Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menyampaikan pesan pendek melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share Kelas II SDN 14 Telaga Biru Kabupaten. Gorontalo.
Hasil kemampuan siswa menyampaikan pesan pendek melalui model Think-Paire-Share (TPS) dapat ditingkatkan, yang ditunjukan dengan indikator kinerja seluruh siswa minimal 70 % memperoleh nilai 70 ke atas dan daya serapnya mencapai 75 %. Dengan rincian perolehan sebagai berikut : siklus I untuk ketuntasan kemampuan siswa menyampaikan pesan pendek melalui model Think-Paire-Share (TPS) siswa dengan perolehan nilai minimal 70 nampak hanya 18 orang siswa atau 67 %. Dan daya serapnya 74 % sedangkan untuk tindakan pembelajaran siklus II, hasil kemampuan siswa dalam menyampaikan pesan pendek telah meningkat hingga mencapai 96 % dan daya serapnya telah mencapai 90 dari hasil sebelumnya.
Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat di simpulan bahwa dengan menggunakan model Think-Paire-Share (TPS) pada siswa kelas II SDN 14 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo hasil kemampuan siswa menyampaikan pesan pendek meningkat.
Kata kunci : Kemampuan, Pesan Pendek dan Model Think-Paire-Share (TPS)
Download berkas