SKRIPSI

Penulis / NIM
RADIAN S. IBRAHIM / 151411284
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Radian S. Ibrahim2013Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencegahan Kerusakan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TipeStudent Team Achivement Divisions(STAD) Di Kelas IV SDN 1 Monas Kabupaten Gorontalo Utara. Program Studi S1 Pendidikan Guru SekolahDasar, FakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriGorontalo, Pembimbing I Prof. Dr H. Abd. Haris PanaI, M.Pd.danPembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. RumusanMasalahdalampenelitianiniadalahapakahdenganmenggunakan model pembelajaran KooperatifTipeStudent Team Achievement Divisions(STAD) hasil belajar siswa pada materi pencegahan kerusakan lingkungan dikelas IV SDN 1 Monas Kab. Gorontalo Utara akan meningkat. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencegahan kerusakan lingkungan melalui model pembelajaran kooperatif tipeStudent Team Achievement Divisions (STAD) di kelas IV SDN 1 Monas Kabupaten Gorontalo Utara.Metode penelitian adalah PenelitianTindakanKelas dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD), dan subjek dalam penelitian ini adalah18 orang siswa kelas IV SDN 1 Monas Kabupaten Gorontalo. Untuk memperoleh data yang diinginkan dan sesuai dengan kepentingan penjelasan maka penulis menggunakan tehnik pengumpulan data melalaui data hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Jika dalam membelajarkan materi pencegahan kerusakan lingkungan, guru menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) maka hasil belajar siswa meningkat. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat di simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV SDN 1 Monas Kabupaten Gorontalo hasil belajar siswa pada materi pencegahan kerusakan lingkungan meningkat. Kata kunci : Hasil belajar,model pembelajaran kooperatif, tipeStudent Team Achievement Divisions(STAD), Pencegahan Kerusakan Lingkungan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011