SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI LIYANTI POLAMOLO / 151411285
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK Sri Liyanti Polamolo. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Dalam Kehidupan Sehari Hari Melalui Metode Inkuiri di Kelas III SDN No. 15 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd., Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rumusan masalah adalah apakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi dalam kehidupan sehari hari? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi dalam kehidupan sehari hari melalui metode inkuiri di kelas III SDN No. 15 Limboto Kec. Limboto Kab. Gorontalo. Melalui penerapan metode inkuiri, pada siklus I, data yang diperoleh yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas terdapat 8 orang siswa dari 20 orang siswa, atau sebanyak 40%. dan untuk daya serap siswa 68,50%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan metode inkuiri pada proses pembelajaran, belum mencapai indicator kinerja. Oleh karena indicator kinerja belum terpenuhi maka dilakukan penelitian lanjutan pada siklus II, data yang diperoleh mengalami peningkatan yang siknifikan yaitu siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 17 orang siswa atau 85%. Sedangkan untuk daya serap pada siklus II yaitu 84,50%. Kalau kita melihat hasil perolehan siklus I dan siklus II terjadi peningkatan perolehan hasil belajar sebesar 16,0%. Berdasarkan hasil capaian tersebut di atas maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada energi dalam kehidupan sehari hari. Kata Kunci: Hasil belajar, metode inkuiri.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011