SKRIPSI

Penulis / NIM
ARNA SUSILOWATI / 151411287
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Mencermati peranan IPA yang semakin di perhitungkan, menuntut peran maksimal dari semua pihak untuk mengantisipasi tantangan kedepan. Dalam hal ini guru harus mampu mengarahkan peserta didik agar terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Namun hal ini, kurang mendapat perhatian yang serius sehingga berdampak pada siswa di kelas yang nampak bosan dalam menerima pelajaran hal ini ditunjukan pada beberapa indikator. Misalnya rendahnya respon siswa selama pembelajaran berlangsung yang diakibatkan oleh minimnya kreativitas guru dalam menyajikan materi pelajaran. Dengan demikian rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah dengan menggunakan metode eksperimenhasil belajar siswa pada materi perpindahan energi panas dapat meningkat. Adapuntujuanpenelitianadalahuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Perpindahan Energi Panas Melalui Metode Eksperimen Di SDN 2 Titidu Kecamatan. Kwandang Kabupaten. Gorontalo Utara.Metode penelitian adalah PenelitianTindakanKelas dengan menggunakan metode eksperimen, dan subjekdalampenelitianiniadalah15 orang siswakelasIV SDN 2 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Untukmemperoleh data yang diinginkandansesuaidengankepentinganpenjelasanmakapenulis menggunakantehnikpengumpulan data melalauidata hasil belajar siswa, dandata hasil pengamatan aktivitas belajar siswa padasetiapsiklus. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika digunakan metode eksperimen pada pembelajaran energi panas maka hasil belajar siswa meningkat.Kesimpulanberdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat di simpulan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN 2 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara hasil belajar siswa pada materi perpindahan panas meningkat. Kata kunci :Hasil Belajar dan Metode Eksperimen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011