SKRIPSI

Penulis / NIM
DEWI MULIANINGSIH LENGKOANO / 151411289
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK DEWI MULIANINGSIH LENGKOANO. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Energi Dalam Kehidupan Sehari Hari Melalui Metode Problem Solving di Kelas III SDN No. 01 Ilangata Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd., Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi dalam kehidupan sehari-hari? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi dalam kehidupan sehari melalui metode problem solving di kelas III SDN No. 01 Ilangata Kec. Anggrek Kab. Gorontalo Utara. Melalui penerapan metode problem solving, pada siklus I, data yang diperoleh yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas terdapat 15 orang siswa dari 31 orang siswa, atau sebanyak 48,38%. dan untuk daya serap siswa 70,00%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan metode problem solving, belum mencapai indicator kinerja. Oleh karena indicator kinerja belum terpenuhi maka dilakukan penelitian lanjutan pada siklus II, data yang diperoleh mengalami peningkatan yang siknifikan yaitu siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 25 orang siswa atau 80,64%. Sedangkan untuk daya serap pada siklus II yaitu 85,48%. Kalau kita melihat hasil perolehan siklus I dan siklus II terjadi peningkatan perolehan hasil belajar sebesar 15,48%. Berdasarkan hasil capaian tersebut di atas maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi energi dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Hasil Belajar, metode problem solving.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011